Hati-Hati salah memilih kursus Bahasa Inggris percakapan jika ingin ke Bali

TIPS MEMILIH KURSUS BAHASA INGGRIS:
Sebelum anda memilih Kursus bahasa Inggris, anda perlu simak informasi berikut:
1. Memilih lembaga/ Guru Private Bahasa Inggris.
Apabila anda hendak mencari kursus, sebaiknya anda lakukan sedikit survey kecil-kecilan terhadap sistem belajar/ program belajar yang di pakai. Bila sistem belajarnya
disuruh menghafal rumus contoh; S + P +….. maka sudah pasti anda tidak akan menguasai Bahasa Inggris dalama waktu singkat seperti yang anda impikan yaitu mampu berbicara bahasa Inggris dalam waktu yang anda inginkan.
Mengapa? karena cara yang sama, yang pernah anda lakukan ketika di bangku sekolah; yaitu 6 tahun belajar bahasa Inggris di bangku SD, yaitu disuruh hafal rumus. kemudian 3 tahun di SMP, disuruh hafal rumus/ tenses. 3 tahun lagi anda diajarkan menghafal rumus/tenses di bangku SMA. tidak cukup hanya itu ketika di bangku kuliah selama 4 tahun anda juga masih diperhadapkan pada teori tenses, teori dosen yang mebuat semakin uak dengan rumus-rumus, tenses. Bahkan ketika anda mengambil program S2, masih juga teorinya tentang rumus-rumus Bahasa Inggris.
Bila kita hitung-hitung, maka anda telah menghabiskan hampir 18 tahun bergelut dengan rumus-rumus S+P +… dan apa hasilnya? Anda tidak bisa berbicara Bahasa Inggris bahkan untuk mengerti aja,,, tidak bisa.
2. Kursus yang menggunakan sistem Level
Bila anda mencari Kursus Bahasa Inggris dan ternyata lembaga/Guru private mengatakan bahwa anda harus menyelesaikan level-level tertentu baru bisa bicara Bahasa Inggris maka,,, hati-hati. Mengapa? karena sistem belajar pasti menggunakan sistem hafal-menghafal. dan supaya anda ketahui bahawa Satu level dalam Kursus Bahasa Inggris, nromalnya 3 bulan. sehingga tingkat dasar(basic) memakan waktu tiga bulan, dan Intermediate menghabiskan waktu tiga bulan serta tingkat advance menghabiskan waktu tiga bulan maka, sudah pasti anda harus menghabiskan waktu hampir setahun. mari kita lihat kalkulasi biaya. anda saja Satu level biayanya Rp.3 Jt x3 level maka uang anda habis Rp.9 jt selama setahun. kalau ternyata level yang ditawarkan mencapai 12 level atau 24 level, maka silahkan hitung sendiri. itupun belum tentu and bisa bicara Bahasa Inggris.
karena tidak ada kepastian yang diberikan oleh Lembaga/Guru private anda bahwa anda pasti mahir dalam level kesekian. Kenapa? Karena anda tidak menanyakan kapan aanda bisa mahir bila ikut kursus itu. Kalau pun anda iseng bertanya demikian, pasti jawabannya; anda pasti bisa (tdk mau menyebutkan waktu yg pasti), itu tanda-tanda kursus yang tidak punya planning yang jelas dan tidak punya metode yang jitu serta tdk punya pengalaman dalam menctetak output/ pesertanya tidak berhasil.
3. Garansi ikut Kursus.
Bila anda sedang mencari kursus dan kebetulan menemui lembaga kursus/Guru private yang menawarkan garansi pengulangan gratis bila tidak mahir, atau garansi kursus seumur hidup, maka anda perlu pertimbangkan keputusan anda utk ikut kursus itu. mengapa? logikanya, bila program/gurunya punya metode yang baik, tepat, cepat dan akurat maka, anda tidak perlu mengulang-ulang. Bila harus mengulang, lalu apa yang diajarkan selama anda membeli paket belajar tersebut? Apakah anda dipermainkan? atau di buat kelinci percobaan? sehingga bila anda gagal, anda bisa mengulang lagi? itu hanya membuang-buang waktu anda, dan lama kelamaan, anda bosan dengan tempat / guru itu dan memutuskan untuk tidak ikut kursus lagi. Anda juga perlu tahu, bahwa mengapa anda ingin kursus? karena anda menginginkan hasil yang cepat demi tujuan tertentu. Bila anda punya waktu , yang lama maka anda pasti ikut kuliah sehingga dapat Ijasah Negara, dan punya banyak relasi di kampus. So think smart.
SARAN: pilih kursus yang tidak pakai level, tidak pakai menghafal, tidak pakai garansi pengulangan gratis/ garansi belajar seumur hidup. Hindari kursus group yang mencapai 10 orang. Karena waktu belajar satu jam makan 60 menit bagi 10 peserta dan maka waktu anda cumin 3 menit. Itupun kalau anda diberi kesempatan atau harus bersaing dengan siswa yang suka monopoli di kelas.   Salam Sukses..!!!!

Comments are closed.